Kamis, 29 November 2012

Wow! Pesawat Jet Super Mampu Jelajahi Dunia Hanya dalam 4 Jam

Sebuah pesawat jet luar biasa akan dirancang untuk menjelajah luar angkasa layaknya penerbangan umum. Bahkan dengan pesawat jet yang dinamai Skylon ini, penerbangan terjauh di dunia akan bisa dijangkau hanya dalam waktu 4 jam saja. Wow!

Para insinyur asal Eropa telah melakukan uji coba mesin terkait rencana pesawat jet luar angkasa ini. Insinyur-insinyur yang tergabung dalam Reaction Engines Ltd (REL) mengklaim telah berhasil mengatasi hambatan teknis yang membayangi pesawat jet tujuan luar angkasa selama 3 dekade terakhir.


Menurut mereka, temuan ini menjadi terobosan baru bagi dunia penerbangan. "Terobosan terbesar selama ini...sejak adanya penemuan mesin jet," demikian pernyataan REL seperti dilansir news.com.au, Kamis (29/11/2012).

Pekan ini, REL menguji coba desain yang mereka ciptakan di depan Badan Luar Angkasa Eropa. Uji coba tersebut berhasil. Badan Luar Angkasa Eropa memastikan bahwa seluruh persyaratan telah dipenuhi.

REL berhasil mendesain sebuah sistem yang mampu mendinginkan udara yang memasuki mesin pesawat jet dalam waktu singkat. Sebagai contoh, dari suhu 1000 derajat Celcius bisa didinginkan hingga mencapai 150 derajat Celcius dalam waktu kurang dari 100 detik. Ini berarti hanya lebih cepat 6 kali lipat dari sekali kedipan mata manusia.

Pesawat jet Skylon yang didesain ini berpotensi memiliki kecepatan hingga mach 5,5 atau 7242 km per jam di atas permukaan laut, atau lebih cepat 5 kali lipat dari kecepatan suara.

Pihak REL menyatakan, mesin pesawat jet ini menjadi kunci dalam merancang pesawat jet Skylon. Pesawat jet ini akan lepas landas dan mendarat di landasan normal seperti pesawat pada umumnya, namun mampu mengudara hingga ke luar angkasa. Dengan pesawat ini, bepergian ke berbagai belahan dunia pun bisa dicapai lebih cepat dari biasanya. Sebagai contoh, rute Eropa-Sydney, Australia akan bisa dijangkau dalam 4 jam saja.

"Tim dari REL berusaha memecahkan hal yang menjadi persoalan selama 30 tahun terakhir dan kami berhasil. Inovasi memang tidak bisa diciptakan dalam semalam. Para ahli independen memastikan bahwa mesin secara keseluruhan bisa diuji coba. Mesin Sabre memiliki potensi untuk mengubah kehidupan kita," tutur pendiri REL, Alan Bond.

Kini, yang dibutuhkan oleh REL hanyalah dana sebesar US$ 382 juta atau setara Rp 3,6 triliun untuk membuat rancangan pesawat jet Skylon ini menjadi kenyataan.

Sumber : http://news.detik.com/read/2012/11/29/122743/2104839/1148/wow-pesawat-jet-super-mampu-jelajahi-dunia-hanya-dalam-4-jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar