Sabtu, 22 Desember 2012

Tujuh Hal yang Bisa Membunuh Sel Otak

Tujuh Hal yang Bisa Membunuh Sel Otak (1)Mencegah kematian sel-sel otak seperti mustahil karena manusia mengalami penuaan. Yang bisa Anda
lakukan mungkin hanya memperlambatnya.
Namun, ada juga hal-hal yang menyebabkan kematian sel-sel otak terjadi secara tidak wajar dan secara signifikan mengurangi kemampuan mengingat, berpikir kritis, penalaran, pemecahan masalah, dan kemampuan lainnya. Hal itu biasa terjadi akibat gaya hidup tidak sehat.  
Berikut beberapa hal yang bisa membuat kematian sel-sel otak terjadi lebih cepat, seperti dikutip dari Parents Indonesia:  
1. Alkohol 
Mengonsumsi terlalu banyak alkohol akan membunuh sel-sel otak Anda. Selain menyebabkan beberapa masalah kesehatan, minuman haram ini adalah musuh yang sangat besar bagi otak Anda.
2. Makan makanan tidak sehat
Sel otak sama seperti sel-sel tubuh lainnya yang memerlukan nutrisi untuk bertahan hidup. Jika otak tidak menerima vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya dengan baik sel otak sudah pasti akan mati.
3. Obat terlarang 
Ingin menghilangkan sebagian besar dari sel-sel otak pada pusat kesenangan otak Anda? Ambil obat-obatan seperti kokain dan shabu. Setelah itu Anda tidak akan bisa merasa senang lagi di masa depan
4. Merokok
Rokok tidak hanya menimbulkan bahaya besar bagi sistem pernapasan Anda. Tapi memperlambat atau menghentikan produksi sel-sel otak baru dan membunuh sel-sel yang sudah ada.
5. Gegar otak
Kita memang tidak bisa mengendalikan kecelakaan, tapi kita bisa melindungi diri dari cedera kepala beresiko tinggi. Jika bepergian menggunakan sepeda motor, pakailah helm! Bekerja pada lahan konstruksi? Pakailah helm! Bermain olahraga seperti rugby, cobalah untuk melindungi diri terutama di bagian kepala.

Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar