Sabtu, 23 Maret 2013

BlackBerry 10 Lampaui 100.000 Aplikasi

Saat peluncuran platform dan perangkat BlackBerry 10 pada akhir Januari 2012, perusahaan
BlackBerry mengumumkan bahwa ada 70.000 aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi tersebut.

Kini, beberapa minggu berselang, jumlah aplikasi untuk platform tersebut sudah melonjak jauh. BlackBerry mengklaim, saat ini BlackBerry World sudah menampung 100.000 aplikasi BlackBerry 10.

Ada beberapa aplikasi populer yang telah tersedia untuk BlackBerry 10, antara lain adalah Skype, Evernote, Kindle, WhatsApp, DropBox, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, dan LinkedIn.

BlackBerry juga sudah menyediakan beberapa judul game populer, seperti Angry Birds Star Wars, Where's My Water, Plants vs. Zombies, Fruit Ninja, Cut The Rope, JetPack Joyride, Need for Speed, dan N.O.V.A 3.

"Tanggapan terhadap platform dan aplikasi BlackBerry 10 begitu menarik perhatian. Konsumen terlihat senang dengan ketersediaan aplikasi yang ada, dan katalog aplikasi terus tumbuh, saat ini lebih dari 100.000 aplikasi," kata Martyn Mallick, Vice President, Global Alliances, BlackBerry, seperti dikutip dari BGR, Jumat (22/3/2013).

Sayangnya, tidak semua aplikasi tersebut dibuat khusus untuk platform BlackBerry 10. Menurut pernyataan Mallick, pada awal Februari 2013, ada sekitar 40 persen aplikasi yang merupakan hasil porting dari aplikasi Android.

Sebagai contoh, aplikasi Skype pada BlackBerry 10 sebenarnya merupakan porting dari versi Android. Skype sendiri sudah memiliki aplikasi native untuk iOS, Android, dan Windows Phone, tetapi belum pernah hadir untuk platform BlackBerry.

Selain aplikasi, BlackBerry World juga akan menyediakan konten musik, film, dan serial televisi. BlackBerry telah bermitra dengan perusahaan label musik hingga pemegang hak cipta film untuk menyediakan konten. Dengan ini, BlackBerry World akan bersaing dengan toko konten multimedia iTunes Store dari Apple dan Play Store dari Google.

Sumber :  .kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar