Sabtu, 16 Maret 2013

Mengenal Jenis Karbohidrat

Terdapat dua jenis karbohidrat yang utama dalam makanan yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Kita harus dapat mengenal jenis
karbohidrat dan makanan apa yang menghasilkannya. Karbohidrat sederhana disebut juga gula sederhana. Ini dapat ditemukan dalam gula halus, seperti gula putih. Gula sederhana juga dapat ditemukan dalam makanan bernutrisi seperti buah-buahan dan susu. Lebih baik mendapatkan gula sederhana dari buah-buahan dan susu. Karena gula tidak ditambahkan pada makanan ini dan juga mereka mengandung vitamin dan serat, dan nutrisi penting seperti kalsium.
Karbohidrat kompleks disebut juga pati (kanji). Pati termasuk dalam produk biji-bijian, seperti roti, biskuit, pasta, dan nasi. Seperti gula sederhana, beberapa makanan karbohidrat kompleks adalah pilihan yang baik daripada yang lain. Biji-bijian olahan (halus), seperti tepung terigu dan nasi putih telah diproses yang mana menghilangkan nutrisi dan fiber. Tapi biji-bijian yang tidak dihaluskan masih mengandung vitamin dan mineral. Dan juga kaya serta, yang membantu sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Serat membantu Anda merasa kenyang, sehingga Anda cenderung tidak makan terlalu banyak. Hal ini menjelaskan mengapa semangkuk bubur gandum lebih baik daripada permen manis dengan jumlah kalori yang sama. Karbohidrat kompleks memberi Anda energi untuk jangka waktu yang lama. Dengan mengenal jenis karbohidrat ini menjadi lebih paham akan manfaatnya untuk tubuh.
Ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat, tubuh Anda memecahkannya menjadi gula sederhana yang diserap ke dalam aliran darah. Ketika kadar gula meningkat dalam tubuh Anda, pankreas akan mengeluarkan hormon yang disebut insulin. Insulin diperlukan untuk memindahkan gula dari darah ke dalam sel-sel, dimana gula dapat digunakan sebagai sumber energi.
Mengenal jenis karbohidrat penting bagi kita. Dengan begitu kita dapat menentukan makanan apa saja yang lebih baik dikonsumsi agar menghasilkan energi untuk jangka waktu yang lama. Dengan begitu kita tidak cepat merasa lapar. Tapi jika kita tidak mengenal jenis karbohidrat, kemungkinan besar akan salah memilih makanan yang akhirnya mengganggu kesehatan Anda.

Sumber :  http://artikeltentangkesehatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar