Senin, 04 November 2013

Bayi Raksasa 6,3 Kg Lahir di Amerika

Bersinar.com-Normalnya, bayi dilahirkan dengan berat badan antara 2,5 hingga 4,5 kg. Namun rekor tersebut terpecahkan pada bulan Juli 2012, ketika seorang bayi di Jerman lahir dengan berat 5,8 kilogram. Sekarang, rekor bayi terbesar di dunia itu kembali dipecahkan oleh Joel Brandon, putra Sara Brandon yang lahir dengan berat 6,3 kilogram.

Bayi raksasa ini dilahirkan di Utah, Amerika Serikat. Joel dilahirkan secara caesar pada Mei 2013 lalu, dengan bantuan dua orang dokter sekaligus.

"Saya terkejut ketika tahu bahwa bayi ini sangat besar. Sehingga bukan hanya satu dokter yang membantu saya, tapi dua, dan mereka sangat berjuang untuk mengeluarkannya," kata Sara Brandon, seperti dikutip abcnews.

Faktanya, dalam 10 tahun terakhir sekitar 1.000 bayi lahir dengan berat mencapai 4,9 kilogram. Tapi bayi dengan berat hampir mencapai 7 kilogram, hanya terjadi satu kali dari 100.000 kelahiran. Menurut Robert Barbieri, kepala obstetri dan ginekologi dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, kejadian ini sangat langka, biasanya dokter akan menginduksi persalinan jika bayi terlalu besar.

Sayangnya, Joel didiagnosa tidak sehat. Barbieri mengatakan, Joel memiliki tubuh sebesar itu karena ia mengidap diabetes tipe 1. "Ini bisa jadi efek dari insulin yang penggunaannya melebihi dosis. Insulin menyebabkan kadar glukosa tinggi pada bayi," kata Barbieri.

Joel juga memiliki masalah pernafasan. Sepuluh hari setelah kelahirannya, Joel harus melewati perawatan intensif karena masalah paru-paru. Tapi kini kesehatannya membaik, ia sudah kembali ke rumah.

Sara, sang ibu kini merasa lebih tenang karena Joel dalam keadaan sehat. "Dia adalah bayi yang tenang dan senang tertawa. Dia hanya akan menangis ketika lapar dan lelah," pungkas Sara.

Sumber :  .viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar