Minggu, 16 Desember 2012

Makanan Pereda Radang Tenggorokan

Musim kemarau sudah tiba, hujan pun tak kunjung datang. Jika kita tidak menjaga kesehatan dan imun tubuh sedang melemah, maka kita akan cepat terkena penyakit yang disebarkan oleh bakteri atu virus. Salah satunya adalah radang tenggorokan.Penyakit ini ditandai dengan sakit di saat menelan bahkan bisa sampai terjadi demam.
Feringitis atau dikenal dengan istilah radang tenggorokan adalah semacam pembengkakan atau dinding tenggorokan yang menebal yang berwarna kemerahan terdapat bercak putih, terasa sakit jika menelan makanan atau berbicara. Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.
Gejala radang tenggorokan adalah:
  • Rasa sakit jika menelan makanan atau berbicara
  • Batuk dan bersin-bersin
  • Sedikit demam atau tanpa demam
  • Tenggorokan terasa gatal dan kering
  • Pembesaran kelenjar getah bening di leher
  • Peningkatan jumlah sel darah putih
Namun kini Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa macam makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan, diantaranya:
Madu
Madu
Minum Madu. Madu dipercaya dapat mengurangi gejala radang tenggorokan karna madu dapat mecegah pertumbuhan bakteri yang resisten dengan antibiotik.

Jus Kulit Manggis
Jus Kulit Manggis
Jus Kulit Manggis. Berkhasiat mampu menetralkan radikal bebas,
melancarkan peredaran darah, dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, merupakan zat anti oksidan yang sangat tinggi.

Pisang
Pisang
Pisang.  Buah manis yang bertekstur  empuk ini  baik untuk kesehatan. Karna lembut akan mudah ditelan. Pisang mengandung vitamin B6, kalium dan vitamin D.

jeruk nipis dan madu
jeruk nipis dan madu
Lemon atau Jeruk nipis. Campuran antara madu dan lemon bersifat anti-inflamasi yang mampu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

teh hijau
teh hijau
Teh Hijau.  Dengan mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan sistem imun, karna dapat mengeluarkan hormon interferon yang dapat membunuh virus penyebab radang tenggorokan. Untuk hasil yang lebih baik,  teh hijau dapat dikonsumsi dengan madu.

air garam
air garam
Berkumur dengan air garam. Dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga dapat mengurangi bengkak dan peradangan pada tenggorokan. Untuk hasil lebih baik, berkumur dengan air garam setiap satu jam sekali.

Teh Jahe
Teh Jahe
Teh Jahe. Dengan mengkonsumsi teh jahe dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan mengurangi peradangan. Menghirup uap air jahe bisa mengatasi sesak pada pernapasan.

wortel rebus
wortel rebus
Wortel rebus. Untuk mengkonsumsinya wortel lebih baik direbus dahulu, karna teksturnya yang lembut dapat lebih mudah masuk dalam tenggorokan, dapat meredakan radang tenggorokan. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, serat dan kalium.

Sumber : duniakesehatan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar