Rabu, 05 Desember 2012

Obama: Nuklir Tetap Jadi Ancaman Terbesar Dunia

New York: Presiden Amerika Barack Hussein Obama mengatakan terorisme nuklir masih menjadi salah satu ancaman keamanan terbesar dunia, walaupun persediaan nuklir AS dan Rusia sudah berhasil dikurangi.

Menurut Obama, teroris dan komplotan penjahat kini tengah melakukan berbagai usaha untuk dapat memperoleh bahan nuklir, biologis, dan kimia. Semua bahan itu disimpan tanpa perlindungan memadai.

Obama mengatakan, dunia tak dapat membiarkan abad ke-21 digelapkan oleh senjata paling buruk abad ke-20. Dia juga menghendaki adanya pembaruan persetujuan dengan Rusia, yang telah mengumumkan tak akan memperpanjang partisipasi mereka dalam perjanjian Nunn-Lugar.

Perjanjian Nunn-Lugar adalah undang-undang yang telah berusia 20 tahun. UU ini mengatur soal pelenyapan persediaan misil nuklir dan senjata kimia di bekas Uni Soviet.


Obama mengatakan, berkat Nunn-Lugar, ribuan misil, pesawat pembom, dan kapal selam dihancurkan atau di non-aktifkan.

Program Kerjasama Pengurangan Ancaman Nunn-Lugar adalah hasil pemikiran mantan Senator dari partai Demokrat Sam Nunn dan Senator dari Partai Republik Richard Lugar yang akan segera pensiun.(VOA/ICH)

Sumber : Metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar