Rabu, 05 Desember 2012

Somalia, Korut dan Afganistan Negara Terkorup

TI: Somalia, Korut dan Afganistan Negara TerkorupSomalia, Korea Utara, dan Afghanistan merupakan tiga negara dengan tingkat korupsi paling buruk berdasarkan layanan publik di negara tersebut.
Lembaga pegiat antikorupsi global, Transparency International, memberikan masing-masing delapan angka untuk ketiganya dalam daftar peringat korupsi di 174 negara untuk tahun 2012.
Dalam pernyataannya saat mengeluarkan daftar terbaru, Transparency International mengatakan tiga negara tersebut masih menghadapi lemahnya pertanggungjawaban pemimpin.
Sementara itu tiga negara memiliki tingkat korupsi paling rendah, yaitu Denmark, Finlandia, dan Denmark dengan perolehan 90 angka.
Di Uni Eropa, Yunani -yang sedang menghadapi krisis keuangan- merupakan negara yang paling korup dibandingkan 27 negara anggota lainnya. Untuk tahun 2012, Yunani berada di peringkat 94 untuk tahun ini, turun dari peringkat 80 pada tahun 2011.
Negara Eropa lain yang sedang dilanda krisis keuangan, Italia, turun ke posisi 72 dari sementara sebelumnya tiga tingkat lebih baik.
Indonesia di Peringkat 118
Dari total 174 negara, dua pertiga diantaranya mendapat angka di bawah 50 namun tidak satupun negara yang mendapat angka 100, yang mencerminkan bebas korupsi.
"Para pemerintah perlu mengintegrasikan tindakan antikorupsi ke dalam semua pengambilan keputusan umum," tutur Huguette Labelle, Ketua Transparency International, TI, yang didirikan tahun 1993 sebagai upaya untuk memberantas korupsi global.
"Prioritasnya termasuk peraturan yang lebih baik dalam lobi dan pendanaan politik, serta membuat anggaran umum dan kontrak lebih transparan maupun membuat lembaga-lembaga umum lebih bisa diminta pertanggungjawabannya oleh masyrakat," tambahnya.
Transparency International yakin ada korelasi yang kuat anara kemiskinan, konflik, dan tingkat korupsi.
Dalam daftar yang diumumkan tahun 2012 ini, Indonesia berada pada peringkat 118 dengan 32 angka, jauh di bawah Singapura yang berada di peringkat lima, Brunei di posisi 46, Malaysia di peringkat 54, dan Thailand di posisi 88.
Berdasarkan daftar peringkat terbaru ini, maka bisa dikatakan korupsi di layanan publik Indonesia lebih buruk tahun ini karena sebelumnya Indonesia berada pada peringkat 100.
Tahun ini Filipina berada di atas Indonesia pada posisi 105 sedangkan Vietnam, Kamboja, Laos, dan Burma lebih korup dari Indonesia. Burma yang sedang dalam proses reformasi politik beradad di peringkat 172 dengan angka 15.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar