Minggu, 16 Desember 2012

Urine Manusia Bisa Bentuk Sel Otak

Sebuah penelitian ilmiah mengklaim, bahwa urine manusia dapat diubah menjadi sel-sel otak. Penemuan mengejutkan itu membuka perdebatan kontroversial terkait penelitian stem cell, yakni sel induk yang dapat berkembang menjadi sel yang dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit.

Hasil penelitian tim yang dipimpin ahli stem cell China, Duanqing Pei, itu telah diterbitkan secara daring di Nature Metode. Disebutkan, bahwa sel-sel yang dihasilkan kotoran manusia suatu hari nanti dapat digunakan untuk mempelajari penyakit dan dalam pengobatan terapi penyakit neurodegeneratif.

"Ini pasti bisa mempercepat proses penyembuhan," kata James Ellis, ahli genetika medis di Hospital for Sick Children di Ontario, Kanada.

Ada bonus tambahan dari penemuan itu terkait mengenai kekhawatirkan bahwa sel induk memiliki risiko tinggi berkembangnya tumor. Hal tersebut tidak menjadi masalah dengan sel dari sampel urine.


Proses bekerjanya adalah dengan mengubah sel dalam urine menjadi prekursor sel-sel otak yang dikenal sebagai sel progenitor saraf. Studi tersebut mengatakan, sel-sel dalam urine merupakan sumber yang jauh lebih mudah diperoleh ketimbang sel dalam sampel kulit dan darah.

Sumber : metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar