Sabtu, 19 Oktober 2013

Indonesia-Cina Berpeluang Bangun 'Abad Asia'

Bendera Cina. Ilustrasi.Bersinar.com-Duta Besar RI untuk Cina merangkap Mongolia, Imron Cotan mengatakan Indonesia dapat bersama-sama membangun 'Abad Asia'. Yaitu, menjadikan Asia sebagai pusat kekuatan ekonomi. "Tidak ada yang dapat membendung kekuatan hubungan baik antara Indonesia dan Cina," katanya di Beijing, Sabtu (19/10). 
Imron menambahkan, Indonesia dan Cina telah memiliki sejarah yang cukup panjang. "Cina bahkan telah menjalani sejarah yang lebih panjang dan sejumlah penemuan yang mengubah wajah dunia sebagian berasal dari Cina. Seperti tinta, mesiu, kertas, alat hitung dan beberapa lainnya," ungkapnya.

Imron menambahkan, Indonesia sebagai negara besar juga telah memiliki sejarah yang panjang. Khususnya sebagai negara maritim. Kini dengan hubungan baik yang semakin kuat antara Indonesia dan Cina, tidak mustahil jika kedua negara dapat membangun Abad Asia.
Indonesia dan Cina, lanjutnya, merupakan negara besar di masing-masing kawasan. "Bayangkan jika kedua negara memperkuat hubungan baiknya. Cina kini merupakan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Indonesia adalah negara dengan kekuatan ekonomi di urutan ke-15 dengan pertumbuhan yang menjanjikan, sumber daya alam melimpah," tuturnya.
Imron menambahkan, Indonesia dan Cina tidak saja akan membangun kekuatan ekonomi kedua negara. Tetapi juga ekonomi kawasan dan Asia. Konektivitas menjadi salah satu fokus bahasan dalam KTT APEC di Bali 7-8 Oktober silam. Konektivitas dengan kesetaraan fokus pada peningkatan keterkaitan pembangunan fisik melalui investasi di bidang infrastruktur, blue economy, kelembagaan dan suber daya manusia.
Pada forum tersebut juga dibahas kemungkinan dibentuk perbankan bersama untum membiayai sejumlah proyek infrastruktur dalam kerangka konektivitas. 

Sumber : .republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar