Minggu, 13 Oktober 2013

Jelang Idul Adha, 16 bom di Irak tewaskan 25 orang

Jelang Idul Adha, 16 bom di Irak tewaskan 25 orangBersinar.com-Setidaknya 16 bom meledak di Irak, kemarin (13/10/2013) atau menjelang perayaan Idul Adha. Menurut polisi dan sumber medis, sebanyak 25 orang tewas akibat serangan belasan bom itu.

Dari serangan 16 bom, serangan yang paling mematikan terjadi di koata Hilla, 100 km dari selatan Baghdad. Kota itu dihuni oleh mayoritas kaum Syiah. Menurut polisi, dua bom mobil meledak secara berurutan di kota itu, dan menewaskan lima orang.

Serangan lainnya terjadi di Kota Kut, 160 km sebelah tenggara Baghdad. Di mana empat bom mobil meledak secara terpisah. Salah satu bom meledak di dekat sekolah dasar dan di dekat restoran. Dua orang tewas dan 31 lainnya terluka.


”Gelombang kekerasan di Irak, tidak hanya di satu tempat,” kata PBB, dalam sebuah pernyataan, sesaat setelah serangan terjadi, dikutip Reuters, Senin (14/10/2013). Bom juga dilaporkan meledak di dekat lapangan sepak bola di kota Madaen, 30 km dari tenggara Baghdad. Empat anak-anak yang sedang bermain sepak bola tewas.

Kemudian, serangkaian bom juga meledak di kota Samawa, dekat Ibukota Baghdad, yang dihuni mayoritas kaum Sunni. Dua orang dilaporkan tewas. Selanjutnya, di Samarra, 60 km dari utara Baghdad, tiga bom bunuh diri menewaskan empat orang. Insiden itu diawali bentrokan antara polisi dengan para penyerang.

Gelombang kekerasan di Irak menjelang perayaan Idul Adha, yang akan berlangsung besok (15/10/2013), menandai semakin sengitnya konflik sektarian, antara kaum Syiah dan kaum Sunni di negara itu. Mereka sampai saat ini masih belum bisa menerima dengan pembagian kekuasaan di Irak, setelah rezim ditaktor Saddam Hussein lengser oleh agresi militer Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

 Sumber : sindonews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar