Selasa, 22 Oktober 2013

Pasangan Gay dan Lesbian Bisa Menikah di Canberra

Foto: OrangeBersinar.com-Pasangan gay dan lesbian di Australia kini bisa menikah di Ibu Kota Canberra. Ketentuan itu dikeluarkan setelah Pemerintah Kota Canberra mengeluarkan aturan legalisasi pernikahan sejenis.

Ada pemandangan menarik ketika undang-undang tersebut diloloskan oleh pemerintah setempat. Pasangan gay dan lesbian yang sudah menunggu pengumuman, langsung bertepuk tangan menyanyikan lagu.

Namun, pernikahan sejenis belum akan berlangsung dalam waktu dekat. Pernikahan pasangan sejenis pertama baru akan berlangsung pada Desember 2013.


Menanggapi aturan ini, pemerintah federal berencana untuk mengajukan banding ke Mahkamah Agung. Bagi Jaksa Agung Federal George Brandis, pihaknya melihat aturan tersebut tidak konsisten dengan Undang-Undang Pernikahan Commonwelth.

"Tanpa menghormati pandangan banyak pihak mengenai pernikahan sejenis, tetapi aturan ini akan selalu menjadi perhatian karena ada aturan pernikahan yang berlaku secara nasional," ujar Juru Bicara Brandis, seperti dikutip Guardian, Selasa (22/10/2013).

Brandis meminta agar aturan pernikahan sejenis yang disebut ACT untuk tidak diberlakukan dalam waktu dekat. Namun Chief Minister Canberra Katy Gallagher menegaskan pihaknya akan memberlakukan undang-undang tersebut. (faj)

Sumber :  okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar