Bersinar.com-Seperti oksigen yang kita hirup, waktu
adalah sesuatu yang gratis, namun tak ternilai harganya. Tidak peduli
apa jabatanmu dan pekerjaanmu, bagaimana caramu mengatur waktu adalah
faktor yang sangat menentukan antara kesuksesan dan kegagalan. Tindakan
apa yang kamu lakukan setiap detik, menit, jam, dan hari akan
terakumulasi, membentuk dirimu perlahan-lahan, dan pada akhirnya akan
menentukan hidupmu di masa yang akan datang. Gagal memanfaatkan waktu
dengan baik, kelak hanya akan menghasilkan penyesalan karena waktu tidak
akan pernah bisa diputar kembali. Ingat, hidup ini adalah sebuah
perlombaan yang dibatasi oleh waktu, orang-orang yang menyadari ini akan
berlari untuk mencapai tujuannya sebelum waktunya habis... Kamu tidak
akan pernah bisa menjadi pemenang dan mencapai tujuanmu apabila kamu
hanya duduk atau berjalan pelan. Berikut ini adalah 10 cara mengatur waktu secara efektif:
1. Bekerja di waktu-waktu produktif
Waktu-waktu
di saat badanmu masih segar, pikiran masih jernih adalah saat yang
tepat untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Pastikan kamu melakukan
pekerjaan yang sulit atau memerlukan pemikiran lebih di waktu
produktifmu. Jangan mengerjakan sesuatu yang sulit di saat tubuh lelah
dan pikiran yang penat karena kamu akan sulit berkonsentrasi dan
pekerjaanmu tidak akan maksimal.
2. Rencanakan kegiatanmu
Kamu harus memiliki rencana jangka pendek dan panjang apa yang akan kamu lakukan. Buatlah catatan to-do-list
(daftar pekerjaan yang harus dikerjakan) sebagai panduan dalam kegiatan
sehari-hari. Dan pastikan rencanamu REALISTIS! Ketahuilah kemampuanmu
sendiri dan jangan membuat rencana yang muluk-muluk yang di masa depan
akan membuatmu kewalahan.
3. Terapkan skala prioritas
Jika
kamu memiliki pekerjaan yang sangat banyak untuk dilakukan, skala
prioritas merupakan hal yang sangat penting. Fokuslah pada persoalan
yang paling vital dan memiliki reward paling besar bukan mengerjakan
pekerjaan yang mudah dan menyenangkan bagimu terlebih dahulu.
4. Tuliskan pekerjaan yang sudah diselesaikan
Buatlah
juga daftar pekerjaan yang sudah kamu selesaikan untuk mengetahui sudah
seberapa jauh kamu sudah menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan ini, kamu
tidak perlu terus menerus mengecek ulang pekerjaan mana yang sudah
selesai dan mana yang belum.
5. Atasi kebiasaan menunda-nunda
Kebiasaan
ini adalah kebiasaan yang paling banyak menghalangi seseorang untuk
bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. Ingat, jika kamu mengerjakan
banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat, hasilnya cenderung tidak
maksimal. Orang yang menunda pekerjaan umumnya takut stress saat
mengerjakan pekerjaan yang tidak menyenangkan baginya, padahal saat
sudah mendekati deadline, kamu justru akan jauh lebih stress.
Atasi kebiasaan seperti ini dengan mengerjakan kewajibanmu terlebih
dahulu, nantinya kamu akan lebih tenang saat beristirahat atau having fun.
6. Hindari sifat perfeksionis
Sifat
perfeksionis tidak akan membuat pekerjaanmu lebih baik secara
keseluruhan. Kamu hanya berkonsentrasi pada satu hal saja tanpa
memikirkan hal lain yang mungkin tidak kalah pentingnya. Akan lebih baik
jika kamu juga mengerjakan yang lain juga dan jika kamu memiliki sisa
waktu, kamu bisa memperbaiki kekurangan dalam pekerjaanmu.
7. Istirahat yang cukup
Siapa
bilang apabila kita tidur, kita sama saja membuang waktu? Beristirahat
6-8 jam sehari memiliki efek yang sangat baik untuk mempertahankan
produktivitas kita. Bayangkan apabila kamu kurang beristirahat lalu
jatuh sakit, kamu akan menghabiskan banyak waktumu untuk memulihkan
kondisimu. Selain itu, terlalu sering sakit sangat tidak baik untuk
tubuhmu dalam jangka panjang (dan keuanganmu tentunya). Ingatlah bahwa
perjalananmu sangatlah panjang, perlahankan langkahmu beberapa saat
untuk mengambil napas dan kemudian berlari lagi.
8. Belajar untuk menolak
Orang
yang mengalami kesulitan untuk berkata tidak biasanya karena ia takut
menyinggung orang lain, ingin dipuji, ingin dianggap sebagai ‘orang
baik’ dan tidak memiliki prioritas. Ketahuilah bahwa jika kamu terlalu
banyak menerima pekerjaan kamu akan semakin kesulitan membagi waktu dan
membuatmu kewalahan untuk menyelesaikannya. Kamu akan dianggap orang
yang tidak bertanggung jawab apabila kamu tidak bisa menyelesaikannya.
Maka, jika kamu sudah terlalu sibuk, kamu harus berani untuk berkata
tidak demi kebaikanmu sendiri.
9. Membagi tugas
Kadang
ada pekerjaan yang tidak bisa kamu lakukan sendiri, maka kamu harus
mendelegasikan pekerjaanmu itu pada orang lain. Ini penting bagimu untuk
meningkatkan produktivitasmu juga. Biasanya ketika kamu diharuskan
untuk menghasilkan output yang besar, kamu harus pandai memilih
orang-orang yang tepat supaya bisa memenuhi targetmu secara efektif.
Toko rotimu tentu tidak akan bisa berkembang pesat apabila kamu
mengerjakan semuanya sendiri, kan?
10. Manfaatkan teknologi
Zaman
ini teknologi sudah sangat berkembang dengan pesat dan beberapa
harganya sudah tidak semahal dulu. Kamu bisa memanfaatkan teknologi
untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menggunakan waktumu secara
efektif. Misalnya memanfaatkan video call untuk rapat, menggunakan software
untuk manajemen perusahaan, dan sebagainya. Namun bukan berarti kamu
harus tergantung sepenuhnya pada teknologi, masih ada beberapa aspek
yang harus kamu kerjakan secara manual tanpa bantuan teknologi. Gunakan
teknologi secara bijak untuk membantumu mengatur waktu, bukan
sebaliknya.
Sumber : .lovevirtue.com
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
BalasHapusDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny