Rabu, 05 Desember 2012

Manusia Tertua di Dunia Meninggal dalam Usia 116 Tahun

Atlanta - Manusia tertua di dunia yang berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS) meninggal dunia. Wanita bernama Besse Cooper ini meninggal dunia dalam usia 116 tahun.

Cooper meninggal dunia di kediamannya di Monroe, Georgia, Atlanta sebelah timur, AS pada Selasa (4/12) waktu setempat. "Dia memiliki kehidupan yang panjang dan baik. Dia berpulang dengan damai," ujar salah satu putra Cooper, Sidney, kepada stasiun televisi CNN dan dilansir AFP, Rabu (5/12/2012).

Guinness World Records mencatat Cooper sebagai manusia tertua di dunia pada Januari 2011 lalu. Cooper dilahirkan pada 26 Agustus 1896 silam di Tennessee, AS.

Saat itu ketika ditanya rahasia umur panjangnya, Cooper menjawab: "Saya hanya mengurusi persoalan saya dan saya tidak makan junk food."

Cooper menikahi suaminya, Luther pada tahun 1924 silam dan dikaruniai 4 anak. Pada perayaan ulang tahunnya ke-114 lalu, Cooper memiliki 12 cucu dan lebih dari selusin cicit.

Diketahui bahwa pada tahun yang sama ketika Cooper lahir, bursa saham Dow Jones Industrial Average pertama kali dibuka ke publik. Kemudian juga pertama kalinya digelar pertandingan Olimpiade modern, serta pertama kali pula perusahaan mobil Ford berdiri.

Sementara itu di belahan bumi lainnya, yakni China, dilaporkan wanita tertinggi di dunia juga telah meninggal dunia. Yao Defen yang tinggal di provinsi Anhui, China, ini meninggal dunia dalam usia 40 tahun, pada pertengahan bulan November lalu. Tidak diketahui pasti penyebab kematian Yao.

Guinness World Records mencatat Yao sebagai wanita tertinggi di dunia pada tahun 2010 lalu. Saat itu, tingginya mencapai 2,33 meter. Gigantisme yang dialami Yao ini disebabkan karena adanya tumor di kelenjar pituitari yang terletak di bawah otak.

Surat kabar setempat melaporkan bahwa Yao meninggal 13 November lalu dengan tinggi badan mencapai 2,36 meter.

Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar