Senin, 21 Oktober 2013

Indonesia Tertinggi Lakukan Serangan Cyber

Akamai - Indonesia Top Ratting Cyber AttachBersinar.com-Banyak sekali kabar tentang kejahatan dunia maya akhir-akhir ini. Serangan demi serangan terus bermunculan baik karena alasan usil atau memang ada kepentingan finansial di dalamnya. 

Namun sebuah kabar mengejutkan dari Akamai telah mencatat sebuah data statistik yang cukup mengherankan, pasalnya dari berbagai aktifitas internet yang identik dengan penyusupan ke server, IP Indonesia menduduki posisi pertama pada jumlah terbesar aktifitas peretasan. Indonesia menyumbang angka 38 persen dalam data statistik yang ditarik oleh Akamai. Informasi ini dikutip dari Kompas (17/10/2013). Laporan jumlah serangan cyber ini berlangsung selama kuartal pertama tahun 2013 dan angka tersebut telah naik hingga 21 persen. 

Rekor tertinggi Indonesia berhasil menggeser China yang pernah terkenal dengan aksi serangan cyber terbesar di dunia yang dilakukan oleh pengguna IP negaranya, China telah menduduki posisi 33 persen aktifitas peretasan di jaringan internet. Namun pada angka 6.9 persen terjadi di Amerika Serikat.

Lihat data di bawah ini :

Memang belum bisa dipastikan secara resmi apakah serangan-serangan yang terjadi benar-benar dari Indonesia, karena bisa jadi ada pihak luar yang sengaja melakukan peretasan namun mereka hanya menggunakan IP Address milik Indonesia sebagai lalulintas serangannya.

Namun tak heran jika angka fantastis tersebut diberikan oleh Indonesia, karena akhir-akhir ini memang sering kali didapati serangan cyber yang dilakukan oleh bangsa Indonesia guna menyerang berbagai website yang ada baik di luar maupun di dalam negeri. Contoh saja website Presiden SBY yang dideface oleh Wildan. Selain itu beberapa website pemerintah lainnya pun pernah merasakan hantaman dari dedemit cyber itu. Contoh yang baru-baru ini adalah website Kemenag RI yang didefice oleh orang yang tak bertanggung jawab, akibatnya domain website tersebut mendadak down beberapa saat.
Sumber :  http://nemukabar.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar